Bocoran Soal Pelaksanaan Seleksi CPNS 2013 Sumbar

Bocoran Soal Pelaksanaan Seleksi CPNS 2013
Bocoran Soal Pelaksanaan Seleksi CPNS 2013 - Sebelumnya diketahui bahwa pelaksanaan tes CPNS 2013 akan dilakukan menggu­nakan sistem computer assisted test (CAT). Dimana dengan sistem ini pengerjaan naskah ujian CPNS dapat dijalankan secara online dan meninggalkan sistem lembar ja­waban komputer (LJK) seperti pada tes CPNS sebelum-belumnya. Sistem ini diklaim , bahwa peserta dapat mengetahui apakah mereka lulus atau tidak untuk tes kompetensi dasar (TKD) sesaat setelah menger­ja­kan ujian. Jika dinyatakan lulus TKD, peserta masih wajib lulus dalam tes kompetensi bidang (TKB). Setelah lulus TKB ini, pe­serta ujian baru dinyatakan lu­lus menjadi CPNS baru. Ke­ung­gulan sistem CAT lainnya adalah pelak­sa­naan ujian bisa dijalankan da­lam beberapa gelombang da­lam sehari hingga sepekan.

Khusus untuk seleksi CPNS Sumbar, peneri­maan CPNS meng­gunakan dua sis­tem. Selain CAT, pemprov tetap meng­gunakan LJK. Pelak­sanaan test CPNS dengan sistem CAT, Pemprov akan melakukan kerja sama dengan pemilik labor. Pemilik labor akan me­nyiap­kan  50 sampai 100 unit kom­puter. Test CPNS meng­gunakan sistem CAT terse­but akan dibagi dalam lima shif.

“Kemampuan melakukan CAT seharinya hanya 250 peser­ta pelamar CPNS. Maka­nya, waktu ujiannya sampai November. Kami sudah mengajukan ang­­garan ke DPRD akan sistem ini bisa dipergunakan saat pene­ri­­maan CPNS tahun ini,” ujarnya.

Jayadisman mengatakan, saat ini pihaknya masih me­nung­gu informasi lebih lanjut dari Badan Kepegawaian Negara (BKN) terkait petunjuk teknis (juknis) pelaksanaan ataupun in­formasi soal penetapan for­ma­si  kuota PNS yang telah di­setujui Menteri PAN-RB. Se­perti dike­ta­hui, tahun ini Sumbar men­da­patkan kuota pener­i­maan CPNS 193 orang terdiri dari tenaga guru, kesehatan dan teknis.

Terkait penerimaan CPNS Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN), test psikologi akan dilakukan 26-29 Agustus ini, sedangkan seleksi CPNS un­tuk umum dan honorer kate­gori 2, digelar 23 September ­hing­ga akhir November. 

Untuk penerimaan CPNS IPDN, setelah test psikologi di­nya­ta­kan lulus, pelamar me­ngi­ku­ti test kesehatan, ke­sam­pa­tan dan aka­demik. Dalam proses  pe­ne­ri­maan calon CPNS  IPDN di­ber­la­kukan sistem gugur.